Jumat, 19 Desember 2014

MANFAAT BLOG SEBAGAI MEDIA PROMOSSI INFORMASI DAN SOSIAL

 MEDIA INFORMASI BLOGGER


Blogging memiliki banyak sekali keuntungan. Namun, masih sangat sedikit sekali masyarakat luas yang menggunakan jasa bloggers. Dari hasil pengamatan saya, baru beberapa lembaga atau perusahaan yang menggandeng kalangan blogger untuk mengenalkan produk yang mereka miliki. Salah satu potensi blogging adalah sebagai media untuk melakukan sebuah promosi.
Seiring dengan kemajuan teknologi internet, interaksi masyarakat secara perlahan namun pasti mulai menggunakan media online sebagai tumpuan untuk mencari informasi. Sayangnya masyarakat Indonesia kurang begitu peka dengan tuntutan ini. Salah satu contohnya adalah untuk mencari sebuah informasi seperti rental mobil maka masyarakat yang melek teknologi akan memanfaatkan search engine seperti Google untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang rental mobil di suatu wilayah. Dengan semakin banyaknya media online memuat satu informasi yang sama, maka secara tidak langsung reputasi perusahaan rental mobil tersebut akan terangkat. Dengan mudah masyarakat menemukan informasi suatu rental mobil dari berbagai media online seperti blog.
Hal ini tentu kontras dengan situasi di negara yang melek teknologi seperti Australia. Dari pengalaman pribadi, saya beberapa kali diminta untuk menulis artikel tentang suatu kampus. Tentu permintaan seperti ini dalam rangka promosi kampus tersebut sehingga ketika seorang calon mahasiswa akan studi ke Australia maka dia akan menemukan sebuah tulisan online tentang kampus tersebut. Media promosi yang melibatkan blogger dari kalangan mahasiswa ternyata sangat getol sekali dilakukan. Penawaran untuk mahasiswa yang ingin menulis artikel tentang kampus secara teratur terus dipromosikan.
Di bawah ini 5 keunggulan blogging sebagai media promosi:
  1. Blogging sebagai media promosi yang murah meriah. Tidak tarif pasti untuk setiap artikel yang ditulis oleh seorang blogger. Semua tergantung negosiasi pengiklan dan blogger.
  2. Blogging sebagai media promosi yang terarah. Setiap blog memiliki tema yang pasti sehingga memiliki pembaca yang lebih terarah.
  3. Blogging sebagai media promosi bergengsi. Tidak sedikit blog ditulis oleh blogger professional yang memang memahami betul dunia yang digelutinya. Jika suatu artikel bisa muncul di blog yang istimewa tersebut, maka informasi yang dimuat juga akan ikut terangkat.
  4. Blogging sebagai media promosi terpecaya. Blogger tidak ingin mengorbankan reputasinya untuk menulis sesuatu yang menjerumuskan pembacanya. Jadi ketika sebuah informasi ditulis oleh seorang blogger, maka informasi tersebut akan berubah menjadi sebuah rekomendasi langsung.
  5. Blogging sebagai media informasi yang tahan lama. Tidak seperti media cetak, sebuah informasi yang ditulis di dunia maya akan bertahan lama, bahkan bisa bertahun-tahun selama blog tersebut masih online.
       Perkembangan teknologi yang kian cepat turut membuat dunia informasi komunikasi semakin berkembang. Tak terkecuali dalam bidang pemasaran, kehadiran internet telah menjadi salah satu media promosi yang sangat menunjang dalam memperkenalkan serta menjual berbagai produk melalui sebuah blog atau website. Bagi Anda yang sedang menggeluti dunia jualan online, tak ada salahnya untuk memanfaatkan blog sebagai media promosi toko online Anda untuk menarik banyak pengunjung.
Dalam lingkungan masyarakat yang melek teknologi, belanja online telah menjadi sebuah kebiasaan baru yang sangat digemari. Selain berkunjung langsung ke website toko online, para calon pembeli juga kerap memanfaatkan search engine seperti Google untuk mencari informasi tentang barang yang mereka butuhkan. Jika semakin banyak blog yang memuat informasi tentang toko online dan produk yang sedang Anda jual, maka kesempatan untuk menjaring para pembeli juga semakin besar. Walau belum tentu mereka membelinya saat itu juga, namun setidaknya mereka telah mengetahui keberadaan toko online Anda dan kemungkinan akan datang kembali ketika mereka telah membutuhkan produk yang Anda jual.
Blog sendiri memang media sosial yang khusus dirancang oleh Google untuk mereka yang ingin berbagi informasi melalui tulisan. Artikel yang di share bisa mengenai hobi, seputar tips, sesuatu yang unik, kisah hidup, bahkan sedang trend berjualan melalui blog. Anda pun diberikan pilihan, ingin blog gratis atau berbayar. Tentu, perbedaan antara yang gratis dan berbayar adalah pada layanan fitur-fitur yang lebih lengkap. Semakin menarik tulisan yang Anda pajang pada blog, semakin banyak pula blog Anda dikunjungi. Setiap tulisan yang Anda buat di blog pun dapat di share ke media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, bahkan forum-forum online dengan memberikan page link, sehingga tulisan Anda dapat menyebar lebih luas.

         

DIPOSTING OLEH:
NPM:1111050017
NAMA:Indra Purnawan S.Kom
KELAS :S02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar